02/02/2017

Ulang Tahun Hijau

kampung-hijau-program-tumpi

Program Ulang Tahun Hijau merupakan kampanye pelestarian lingkungan hidup dimana siapapun yang berulang tahun diharapkan bisa menanam minimal satu batang pohon. Kesadaran menanam memang harus ditumbuhkan sejak anak-anak. Acara ulang tahun yang biasanya hanya dirayakan dengan tiup lilin dan potong kue, maka dengan program ini anak-anak dapat mengajak teman-temannya untuk menanam pohon.

Sebagai wujud nyata dari gerakan ini, Tumpi Indonesia Foundation mengupayakan bibit pohon untuk ditanam. Penanaman bisa dilakukan dimana saja, baik di tanah pekarangan sendiri maupun ruang publik. Hingga saat ini Tumpi bersama warga telah menanam lebih dari 7.000 pohon di wilayah Kecamatan Simo. Bibit pohon didapatkan dari hasil kerjasama dengan Balai Pembenihan Tanaman Hutan (BPTH) Provinsi Jawa Tengah.

Berbicara tentang kesehatan lingkungan, selain program Ulang Tahun Hijau Tumpi juga mendorong warga desa agar memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanam sayur organik. Pelatihan membuat Pupuk Organik Cair (POC) telah beberapa kali diselenggarakan.