05/02/2018

Tentang Kami

Tumpi Indonesia adalah sebuah organisasi nirlaba yang bergerak di bidang pendidikan dan kegiatan sosial untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan. Yayasan Tumpi Indonesia secara formal berdiri pada tanggal 17 Februari 2017. Meski demikian, berbagai kegiatan telah dilaksanakan sejak 16 Juli 2012 saat didirikannya rumah baca yang diberi nama Tumpi Readhouse, yakni perpustakaan yang didalamnya terdapat berbagai bahan bacaan dan kegiatan untuk mendorong tumbuhkembang anak dan masyarakat pedesaan.

Tahun 2013 Tumpi Readhouse bestatus sebagai perpustakaan desa. Dari perubahan status inilah kemudian perpustakaan ini mendapat hibah 1000 buku dari Perpusda Provisi Jawa Tengah atas rekomendasi dari Perpustakaan Daerah Kabupaten Boyolali.

Tahun 2015 Tumpi Readhouse melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, mulai dari komunitas, LSM, maupun para pegiat literasi lain. Dari sinilah berbagai agenda pendidikan dan pemberdayaan masyarakat semakin sering dilakukan. Berbagai kegiatan tersebut diantaranya pendampingan kelompok belajar IT untuk anak dan remaja, menyelenggarakan pelatihan pertanian, pendampingan kelompok UMKM di desa, dan mendukung terselenggaranya event seni budaya di Desa Pentur.

Akhir tahun 2016 pengelola Tumpi Readhouse memandang akan pentingnya menjadi sebuah lembaga. Dari pemikiran tersebut akhirnya para pengelola sepakat untuk membentuk lembaga berbentuk yayasan pada awal tahun 2017 dengan nama Yayasan Tumpi Indonesia.

Harapan pengelola, dengan didirikannya Yayasan Tumpi Indonesia ini semoga bisa menjadi pusat belajar masyarakat dan  Tumpi Readhouse bisa menjadi perpustakaan terbaik yang bisa bermanfaat.