05/06/2015

Perpustakaan

perpustakaan-tumpi-yang-baru

Tumpi Readhouse mulai beroperasi pada tanggal 16 Juli 2012 dengan ditandai acara Jineman #1, kegiatan saat pembukaan tersebut diantaranya pemutaran film-film alternatif, bazar kuliner tradisional dan pameran produk UMKM. Perpustakaan yang terletak di Dukuh Karang, RT.16 RW. 04 Desa Pentur, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali ini menyediakan berbagai judul buku yang bisa digunakan sebagai sarana belajar alternatif bagi masyarakat sekitar.

Pada tahun 2013 Tumpi Readhouse mendapatkan bantuan hibah 1000 buku dari Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Sejak saat itulah status Tumpi Readhouse menjadi Perpustakaan Desa Pentur. Beberapa layanan yang bisa diakses oleh para pemustaka diantaranya adalah :

1. Layanan Sirkulasi

Merupakan salah satu bentuk layanan peminjaman dan pengembalian bahan pustaka yang tersedia di Tumpi Readhouse. Bahan-bahan pustaka yang masuk dalam layanan sirkulasi ini adalah berupa buku-buku dan juga karya audio-visual seperti film dalam bentuk VCD/DVD.

Untuk bisa mengakses layanan sirkulasi para pemustaka diajibkan untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota perpustakaan Tumpi readhouse. Pendaftaran dapat dilakukan secara langsung di perpustakaan maupun melalui media online.

2. Layanan Baca di Tempat

Merupakan layanan dimana para pemustaka dapat membaca dan memanfaatkan bahan-bahan pustaka di ruang baca Tumpi Readhouse. Bahan-bahan pustaka yang dapat diakses dalam layanan ini diantaranya koleksi buku, majalah maupun koran.

3. Layanan Internet

Merupakan layanan internet yang dapat diakses pemustaka. melalui sinyal WiFi. Ketentuan dan persyaratan untuk menggunakan layanan internet dapat ditanyakan langsung pada pustakawan.