04/03/2018

Pasar Tiban

pasar-tiban-tumpi

Pasar Tiban merupakan toko online yang sedang dirancang oleh Tumpi Indonesisa Foundation untuk menjual berbagai produk hasil dari kelompok UMKM di Tumpi. Selain menjual produk-produk kelompok UMKM Tumpi, toko online juga menjual beragam produk hasil karya warga Desa Pentur, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali.

Beragam jenis barang yang dijual diantaranya adalah produk kerajinan bambu, kerajinan daur ulang, produk kuliner, mebel, karya seni dan lain sebagainya.

Kelompok UMKM Tumpi sendiri terbentuk pada 2 Agustus 2017, kegiatan dari kelompok ini adalah belajar bersama dan mengembangkan usaha di desa dengan memanfaatkan sumber daya dan kearifan lokal yang ada.

Hingga saat ini, pemilik usaha yang tergabung di kelompok UMKM Tumpi sebanyak 20 orang, terdiri dari berbagai bidang pekerjaan mulai dari pengrajin, pedagang keliling, pemilik toko kelontong, warung makan, pedagang buah, dan lain sebagainya.

Sebulan sekali kelompok UMKM Tumpi berkumpul mengadakan arisan dan  berdiskusi tentang berbagai isu yang terkait dengan wirausaha. Materi pembicaraan tentu tak jauh dari dunia usaha, mulai dari ide-ide bisnis, peningkatan kualitas produk, perluasan jaringan, strategi pemasaran, dan lain-lain.

Salah satu upaya untuk mengembangkan jaringan dan pemasaran produk UMKM, maka dibuatlah Tshop. Dengan adanya toko online ini diharapkan dapat memasarkan produk-produk lokal ke pasar global.