03/03/2018

Desa Digital

anak-anak belajar teknologi informasi

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang melaju sangat pesat saat ini, menjadi satu hal yang penting untuk disikapi dengan baik, tak terkecuali oleh masyarakat di pedesaan. Hampir semua perangkat keras maupun lunak semakin mudah didapatkan, begitupun dengan akses internet, bukan hal yang sulit lagi.

Desa Digital, bagi Tumpi merupakan upaya pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) secara positif untuk masyakarakat. Ada banyak media digital yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan berbagai potensi masyarakat desa, mulai dari video, blog, ebook, aplikasi, toko online, media sosial atau yang lainnya. Dengan adanya program ini diharapkan masyarakat tak hanya menjadi penikmat saja, namun juga didorong untuk menjadi pembuat.

Dengan TIK, siapapun dapat membuat dan menebar energi positif di jagat maya. Bagi yang suka audio-visual bisa memanfaatkan keterampilannya untuk membuat konten-konten di youtube, bagi yang suka menulis bisa membuat blog, atau membuat ebook, bagi pelaku usaha bisa membuat tokok online, bahkan hal yang paling sederhana masyarakat bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana menyuarakan gagasan-gagasan yang positif sehingga memiliki dampak yang positif terhadap semesta.

Upaya pengembangan pengetahuan terkait Teknologi Informasi dan Komunikasi, saat ini Tumpi bekerjasama dengan Perpuseru. Tiga unit komputer bisa dimanfaatkan warga sekitar untuk belajar dan menggali informasi dan ilmu pengetahuan.