Perpustakaan Desa dan Taman Baca Masyarakat - Tumpi Readhouse>

Bantuan PNPM Mandiri Pariwisata Di Desa Pentur

ngobrol-pendidikan-bersama-solo-mengajar

Dana bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pariwisata Tahun 2013 telah dikucurkan ke Desa Pentur. Dana hibah sebesar Rp. 75 Juta tersebut khusus dialokasikan untuk memfasilitasi beragam kebutuhan pengembangan Desa Wisata Wonosemar.

PNPM Mandiri Pariwisata merupakan program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat terutama masyarakat miskin melalui pengembangan desa wisata. Program pemberdayaan yang mampu menggerakkan aktivitas ekonomi pariwisata menjadi prioritas dari dana PNPM Mandiri Pariwisata yang dikucurkan ke Desa Wisata Wonosemar, untuk itulah dana PNPM Mandiri Pariwisata tidak diperkenankan untuk pembangunan fisik seperti pembuatan gedung, perbaikan jalan maupun infrastruktur lainnya. Adapun kegiatan-kegiatan yang boleh didanai diaantaranyan; Peningkatan kapasitas masyarakat, Pengadaan sarana-prasarana pendukung kegiatan kepariwisataan, peningkatan apresiasi seni budaya dan biaya operasional program.

Penerima manfaat PNPM Mandiri Pariwisata adalah kelompok-kelompok yang dibentuk melalui rembug warga dan secara intens turut serta mendukung perkembangkan Desa Wisata Wonosemar. Kelompok tersebut tergabung ke beberapa kelompok kerja (pokja) diantaranya ; pokja pelatihan dan pengembangan SDM, pokja kesenian, pokja agrowisata, pokja kerajinan, pokja kuliner, pokja homestay dan pokja guide. Masing-masing pokja bertanggungjawab memanfaatkan dana tersebut untuk pembelian sarana-prasarana guna mendukung perkembangan pariwisata di Desa Pentur.

Dana PNPM Mandiri Pariwisata yang turun pertama kali di Desa Pentur ini hanya merupakan dana stimulan agar masyarakat mampu memberdayakan dirinya sendiri dalam menggali kreativitas secara mandiri dan mampu membangun kemitraan antar sektor-antar pihak. Disamping itu dana PNPM Mandiri Pariwisata diharapkan juga dapat meningkatkan kapasitas pemerintah daerah dan pemerintah desa dalam memfasilitasi proses pemberdayaan masyarakat.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*